Syarat & Tabel Angsuran KUR Super MIKRO BRI Bunga 0 %

Sudah kenalkan yang nama Kredit Usaha Rakyat atau KUR? Kini muncul lagi satu jenis dengan nama KUR Super Mikro BRI. Jenis pembiayaan ini lebih diperuntukan untuk kelas usaha mikro yang memang benar benar membutuhkan dana pengembangan setelah kena pandemi Covid-19 atau corona. Jika tertarik mari kita baca bersama mengenai syarat daftar serta tabel angsuran KUR super Mikro BRI.

Pemerintah sudah berusaha beberapa kali memberi stimulus untuk UMKM berupa pemberian pembiayaan dengan kredit lunak. Kita flashback dari tahun 2007, bahwa pemerintah telah mengeluarkan KUR. Dari tahun ke tahun bunganya semakin kecil. Pertama Bunga KUR sebesar 9% pertahun, tahun 2017 turun menjadi 7% dan tahun 2019 turun lagi menjadi 6% pertahun. Di masa pandemi, tepatnya bulan september 2020 pemerintah meluncurkan lagi kredit super mikro dengan bunga 0 persen selama enam bulan pertama.

Seperti Apa KUR Super MIKRO BRI ?

KUR Super Mikro BRI adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditujukan khusus untuk para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), pelaku bisnis terdampak pandemi atau ibu rumah tangga yang menjalankan usaha produktif skala rumahan. Plafon yang diberikan sebesar 10 juta dengan tenor maksimal 3 tahun. Suku bunga kur super mikro 6 bulan pertama adalah 0%, selanjutnya sebesar 6%, seperti bunga kur pada umumnya.

Menurut Budi Gunadi Sadikin, Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi yang dilansir dari bisnis.com Super Mikro merupakan kelanjutan dari bantuan produktif untuk 12 juta UMKM sebesar Rp2,4 juta telah berjalan. Budi menambahkan bantuan UMKM sebagai penambahan modal, sementara supermikro atau disingkat “supermi” sebagai dana pengembangan. Supermi disalurkan ke Bank Himbara (Himpunan bank negara) dan didahului oleh BRI yang sudah terbiasa dengan penyaluran bantuan mikro.

Syarat KUR Super Mikro BRI

Walau sudah dijelaskan diperuntukan untuk pelaku usaha mikro, namun calon penerima harus memenuhi persyaratan dibawah ini :

  1. Memilik usaha yang termasuk kategori usaha mikro. Usaha mikro memiliki omzet dibawah 50 juta
  2. Usaha mikro tersebut telah berjalan minimal 6 bulan atau kurang asal telah mengikuti program pendampingan, tergabung dalam suatu kelompok usaha tertentu, dan memiliki anggota keluarga yang telah memiliki usaha.
  3. Bagi pegawai PHK memiliki usaha minimal 3 bulan dengan pelatihan 3 bulan atau 6 bulan tanpa pelatihan atau pendampingan.
  4. Belum menerima bantuan KUR sebelumnya baik KUR mikro maupun kur kecil atau ritel.

Dokumen yang dibutuhkan saat pengajuan berupa :

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu keluarga (KK) atau surat cerai
  • Surat keterangan izin usaha dari RT atau kelurahan atau Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) sejenis dari lembaga setempat

Cara Daftar atau Pengajuan KUR

Ada tiga cara pengajuan kur super mikro BRI, ;Pertama lewat kantor cabang BRI terdekat, lewat agen brilink atau teras BRI dan terakhir lewat pengajuan online lewat eform BRI (Ajukan). Namun penulis sarankan lebih enak ke kantor cabang langsung karena bisa segera ditangai oleh petugas. dan kalau memungkinkan bisa cair hari tersebut asal syarat memenuhi atau lengkap. Silakan bawa dokumen seperti KTP dan KK ke kantor serta syarat pendukung lainnya ke kantor BRI terdekat.

Kalau tidak sempat ke kantor karena mungkin jauh, Kalian bisa mengakukan lewat e form online. Syarat pengajuan online, kalian harus mendaftarkan akun bri, kemudian mengisi formulir identitas pribadi, pekerjaan atau usaha, Terakhir mengupload dokumen persyaratan. Dokumen sebelumnya harus difoto atau di scan agar bisa diupload. Jika sudah selesai, maka akan ada petugas BRI yang akan menghubungimu lewat telephone kemudian dilanjutkan ke kantor maupun di rumah calon penerima tergantung kesepakatan.

Tabel angsuran KUR Super Mikro

Sebagai bahan pertimbangan mengenai besaran plafon dan tenor, Anda bisa melihat tabel angsuran KUR super mikro BRI diatas. Kalian bisa mengambil pilihan berapa lama anda mengangsur pinjaman sampai selesai atau lunas.

Setelah pengajuan selesai dalam artian lain dana sudah cair, kewajiban kalian Anda adalah mengangsur setiap bulan. Pembayaran angsuran kur super Mikro BRI bisa melalui autodebet ke rekening tabungan BRI kita. Jadi kita tinggal setor ke rekening. Bisa juga lewat teller, ATM maupun e banking seperti mobile, sms dan internet banking bri. Sekian, semoga bermanfaat.


Dataiptek:

This website uses cookies.